Bad News or Good News???

Gw waktu SMP pernah ada masalah ama gigi2 gw.. waktu pas kelas 2 SMP, yang normalnya semua gigi manusia pada saat itu semua gigi susunya sudah harus tanggal, namun gigi susu gw waktu itu masih ada 10!! dan pergilah gw ke klinik gigi di jalan pemuda, pas sebelum perempatan arion kalo dari arah pulogadung..
di situ, gw musti dicabut giginya seminggu 2 gigi, dan itu berlangsung selama sebulan lebih… (benar2 1 bulan yang menyebalkan..)

dan baru saja kemaren gw ke klinik itu lagi, buat ngecek gigi bolong aja, setelah 3 gigi gw ditambal (untung gw cuma 3, kakak gw ada 6) sang dokter bertanya pada gw, “kok giginya kurang yah? gigi geraham belakang udah pernah dicabut atau belum tumbuh?” , “hah? ga tau ya dok,, “, “ya udah, periksa aja dulu pake rontgen..!”

setelah dirontgen, ternyata 4 gigi geraham bungsu gw ( atas kiri- kanan, ma bawah kiri-kanan) masih tertanam di dalem gusi,,
dan kata sang dokter Muchtar, 2 gigi yang tertanem dirahang bawah, posisinya miring, jadi kalo tumbuh bakal mengganggu gigi yg di depannya..
dan solusinya adalah harus melakukan operasi untuk mengambil gigi2 geraham bungsu tersebut…


Liat aja nih ma hasil rontgennya.. kliatan kan kalo gigi geraham bungsu gw yg di rahang bawah miring?? nah makanya biar ga mengganggu di kemudian hari, harus dicabut, caranya dengan membuka gusi dan sedikit tulang rahang, lalu dikeluarkanlah gigi tersebut..

WaduuuHH… ini kayaknya dari SMP tiap gw ke klinik ini selalu saja gw dapet berita yang entah itu enak ato kagak,, pokoknya masalah gigi gw dari dulu kok banyak banget ya…
gw sndiri ga tau, kira2 ini bad news or good news?? Huh…

Dan akhirnya solusi sang dokter tersebut dilaksanakan.. tadi siang, gw ma kakak gw ma nyokap pergi ke RS Mitra Gading.. di sana katanya ada dokter bedah mulut kepresidenan.. dan memang benar saja, sang Dokter Seno, spesialis bedah mulut (mengenakan baju tentara di balik jas dokternya) ternyata bekerja juga di RSPAD.. (kemaren gw udah buat jadwal operasi ma dokter ini)

pembedahan pun dimulai.. untung aja sakitnya si pas disuntik bius aja ma ngilu dikit pas dibor.. denger suaranya itu lho, ngiiiinggggg… duuh rasanya pengen cepet2 kabur deh dari kursi ini…

Alhamdulillah.. setelah kira2 40 menitan, 2 gigi geraham bungsu di rahang bawah gw berhasil dicabut dan proses penjahitan pun selesai…
Sampe sekarang, bibir ma rahang bawah gw masih mati rasa, ngomong pun kagak bisa.. paling tinggal nunggu minggu depan buat ngelepas jahitan…

dan berita baiknya belum selesai, ternyata kata sang Dokter Seno, gigi geraham bungsu gw yg di rahang atas posisinya masih lurus dan bagus, ga miring kayak yang di rahang bawah, jadi ga usah di operasi lagi buat diambil… Yeeee!!!

Gw juga dulu ga nyangka bakalan harus diopersi gini.. ternyata penyebab dulu gw suka pusing kalo noleh kepala tiba2 ato tau2 nge-blank pas olahraga ya gara2 gigi geraham bungsu ini.. kalo masih ketanem, apalagi posisinya salah, bakal mengganggu saraf2 lainnya.. dan itulah yang menyebabkan kita pusing sesaat (kalo gw sih pusingnya di belakang kepala)

Periksa deh gigi kita, udah lengkap belum? atau jangan2 gigi gerahamnya juga belum numbuh? kalo udah umur 17 ke atas belum numbuh, saran gw langsung aja deh periksa ke dokter gigi..
kalo posisinya ternyata miring kayak yang terjadi pada gw, gigi itu harus cepet2 diangkat.. kalo ga pas umur 20an nanti keluarnya bakalan sakit banget… bener deh…

5 thoughts on “Bad News or Good News???”

  1. Gigi gue malah nggak karuan, Ta. Gue keburu males buat ngurusnya. Kalo gue masalahnya adalah turunan. Orang tua gue punya susunan gigi yang juga nggak bagus. Ditambah lagi waktu kecil gue sering dicekoki antibiotik. Hehehe, i do hate dentists

  2. Hey, dipta! Anita disini…buka blog gw jg ya..filthystreets.blogspot.com

    Goodness…gw plg geleuh yg namanya gigi rusak…denger critanya aja dah serem…apalagi liat gambarnya…langsung pening kepala.

    Jadi gigi lo officially tinggal brp??

  3. gigi gw? hmmm… yg ada saat ini ya… 28… masi ada 2 belom numbuh ,, 2-2nya geraham bungsu atas kiri kanan… :(

  4. Adik ipar ku sedang mengalami problem yang sama . Boleh tahu info nya kalau di RSPAD berapa biaya buat operasi tersebut ? thanks ya…

  5. alo oka,, maap ni kalo bisa minta email/ blognya dunk,, di RSPAD? Wah sy kurang tau ya.. sy di RSMitra Gading,, emang si dokternya dari RSPAD,, cuma sy kurang tau.. kalo di mitra, 1 giginya kira2 1,5 jt kalo ditangani oleh dokter gigi, cuma kalo sama dokter spesialis bedah mulut (yg biasanya lebih sulit penanganannya spt sy kemarin) 1 giginya 2jt an..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>