Category Archives: Introspeksi

The Most Difficult Task

After all of these years, I have realized what the most difficult task is.
It is referred to one of the great quotes :

if you would like to be an expert, try to practice 10000 hours. It works.

Yup. That’s it. Everyone can be an expert if they would like, and willing to work hard.
But basically,  it is one’s skill which can achieve 10000 hours of practicing faster than the others.

One can accomplish the same goal in 5 years, another one in 3 years, even another one just in less than 1 year.
All based on their skill in time management.

As we live on the same planet, the same universe, we are all given 24 hours a day.
Someone who is successful, someone who is not, a doctor, a professor, a president, a star-singer, a criminal, a dropped-out student, all are given 24 hours a day. Not much, not less. The same time, different result. How can that happen?

be thankful of time given to you. Like the river, there will never be the same water flows twice in the same place.
It is also difficult for me to manage the time.

 

Just an introspection of me.

When I were Remembering My Self in the past

I am now 23 years old, not old enough, but not teenager or very young anymore.

Sometimes I do really think that if I could go back to the past, there are so many things that I regret. If I did this, If I were this, if i didn’t do this, If I went there, etc.

Well, how regretful I am, I will never can change that. it is the past.
The most important thing is now.

Like what Han said in the Fast Furious Tokyo Drift.

“life’s simple, you choose, don’t look back”

It is OK to look back about our mistakes, but to evaluate not to happen in the future. Don’t stuck in the past. What had happened in the past, stays in the past. The only thing we can do is to be better and better every day.

and remember, without having mistakes in the past, you would not have your self in the present. Our decisions, our ways, our mistakes, have brought ourselves to be what we are today. Maybe if we didn’t do that thing in the past, you will do it in the future, which will impact worse.

Keep positive thinking, don’t stuck in the past. Keep going.

Ternyata!!

TERnyata!! Menjalin Asmara!! (hehe.. kayak lagunya serius aja, tpi postingan kali ini bukan ttg asmara ko, g ada hubungannya :p)

Jadi gini nih ceritanya..

27 Agustus 2008: TAS SELEMPANGAN BAWA SIAL?

pagi ini gw telat bangun, <strike> terus tidur lagi </strike> gara2 nungguin fenomena alam Mars mendekati ke bumi sehingga bulan akan terlihat seperti ada dua yang katanya 2287 tahun sekali dan ternyata itu adalah bohong.. payah padahal gw dah ampir ga tidur semaleman nungguin berita itu.. ga taunya kagak ada,, kata dosen astronomi si berita itu ga bener,, paling kalo bener ya ga sampe kelihatan ada 2 bulannya.. gitu.. padahal dah bela2in tidur subuh gw -_-

gw baru kebangun jam 8.00,, padahal gw ada janji ma tmen mw minjemin buku jam 8.. kuliah si baru mulai jam 9..
langsung aja gw mandi dan <strike> tidur lagi di bawah shower </strike> bersiap2, mengambil tas selempangan dan pergi ke kampus..
seperti biasa, jam segitu emang susah bgt cari tempat parkir di kampus.. dan alhamdulillah pada jam segitu gw masih bisa dapet tempat di Parkiran Sabuga..
Gw parkir di ujung.. setelah parkir dan mengunci setir dengan kunci berbentuk tongkat bisbol, gw langsung turun dengan tegresa2 dan memasukkan kunci mobil gw ke kantong celana bagian belakang.. biasanya, kunci kamar ma kunci setir gw jadiin satu di gantungan kunci mobil

Setelah itu,, gw kuliah seeprti biasa.. siang mpe sore gw maen pingpong di HME,, terus bis ashar jam stengah 5 gw ke LFM buat wawancanda..
Hmm.. Lumayan juga anak2 LFM,, seru2 dan kocak2,, smoga saja gw cepet bisa gabung ma mereka, terutama di fotografi hehehe..

Nah setelah maghrib, gw berniat untuk ke Boulevard yang ternyata sekre udah kosong,, rapat evaluasi 58 ternyata sudah selesai.. heuuu…
ya udah,, pulanglah gw.. berjalanlah gw ke tempat parkiran sabuga,, karena udah maghrib, udah tinggal sedikit mobil yang diparkir di situ.. gw berjalan ke ujung lapangan parkiran menuju mobil gw, dan gw mengeluarkan kunci mobil, memencet tombol buka, dan masuk ke mobil,,
begitu duduk di jok kemudi dan menutup pintu, gw meneliti lagi kunci mobil gw, dan ternyata…

ANJROT

Anak Kunci gw tinggal 1 tergantung di dompet mobil, dan itu kunci mobil aja, tanpa ada embel2 gantungan kunci kamar dan setir..
Waduh.. yang bener aja nih, masak ga ada?? jatuh kali di dalem tas? tadi si pas siang sempet gw masukin tas kuncinya.. cuma gw masukinnya juga buru2 ga sempet gw liat masi utuh ato ga kuncinya..
gw berada dalam mobil kira2 10 menitan untuk merogoh2 semua isi tas dan kantong gw, tapi ternyata hasil pencarian kunci setir dan kamar gw: NIHIL

siapa tahu jatuh di kampus, ya udah gw keluar dari mobil, menguncinya kembali dan berjalan menuju kampus,, gw bilang ke mas-mas parkiran supaya ga usah nungguin mobil, karena emang gw belum tahu nasib mobil gw hari itu bisa pulang dari sabuga apa kagak..
gini nih yg namanya senjata makan tuan.. kunci setir buat anti maling, malah kena ke gw sndiri.. dasar dodol..

gw kembali ke kampus, ampir 1 setengah jam gw menelusuri ruangan2 di mana gw kuliah hari itu dan ke HME, bahkan ke LFM,, dan gw sempet bertanya ama si Shiddiq yg ada di LFM siapa tahu jatuh di sekitar situ.. bertanya ama satpam, mencari2 di GKU Timur dan TVST, dan ternyata NIHIL..

akhirnya gw memilih opsi terakhir, menelepon nyokap gw.. dan akhirnya nyokap gw setuju untuk mengutus supir gw Pak Aris untuk menganter kunci serep dari jakarta.. (wah THX banyak pak, maap bgt ngerepotin, sumpah jangan sampe keulang lagi deh…)
selama menunggu, gw maen di tempat si Rizki yg berada di lantai 8,, sampai akhirnya gw ampir ketiduran, bokap gw menelepon dan menceramahi gw tentunya.. ampun pak,, emang kaga rejeki,, manusia mana yg tau kalo hari itu gw bakal kena kejadian kayak gini pas di saat gw ga bwa kunci serep kamar.. padahal gw biasanya bawa kunci serep di tas punggung gw.. tpi berhubung hari itu gw bawanya tas selempangan,, lupa gw pindahin kunci serepnya, ya udah,, beginilah jadinya..

padahal kalo gw bawa kunci serep, penyelsesaiannya amat mudah: gw ke kamar naik angkot, buka kamar dan lemari, ambil kunci serep mobil dan setir, kembali ke kampus dan ambil kembali mobilnya..

ternyata, karena sebatang kunci serep kagak ada, terpaksa gw menunggu dianter dari jakarta..
kira2 jam 11an Pak Aris sampai Bandung, Alhamdulillah akhirnya gw bisa masuk kamar dan mengambi kunci serep setir mobil, lalu kembali ke sabuga..
Di Sabuga jam setengah 12, gw liat mobil gw di ujung lapangan, sendirian, seolah merenung, “kenapa tuan gw dodol bgt ya?” kira2 begitulah hehehe..
akhirnya gw berhasil membawa pulang kembali mobil gw, dan sesampainya di kamar, gw langsung terlelap karena besok harus kuliah jam 7 lagi.. heuuu…

Apes deh.. Apes…

Hari ini, 28 Agustus 2007: TERNYATA!!!!

Subuh gw bangun Pak Aris udah ga ada, emang si dy bilang tar siang mau nganter nyokap ma ade gw lagi, jadi kayaknya azan2 subuh dy dah cao lagi ke jakarta.. Thx ya Pak!!
Gw hari ini kuliah lagi seperti hari kemarin,, pagi gw sampai kampus dan parkir di tempat biasa,, di sabuga..
pas tadi gw selese kuliah logika, gw keluar dari TVST dan melihat ada kembaran bintang,, buset mirip bgt sumpah,, kalo ga salah namanya irvan ya? anak FT.. gila.. di dunia ini emang ada beebrapa orang yg mukanya mirip yah?

dan setelah makan siang di KBL bersama Bintang, rypo dkk,, gw bertemu seseorang yang kata tmen2 gw kembaran gw,, anak dari industri.. Terus aja pas gw berpaspasan, spontan smua tmen2 gw ketawa saat itu.. “Akhirnya dipta ketemu ama Anas!” kata si rypo.. ah emang mirip gitu?? rambut doank kaleee… dan lagi dy kulitnya lebih gelap.. moga2 aja otaknya mirip,, denger2 IP nya si anas 4 tuh, hebat ya? ini nih yg namanya serupa tapi tak sama,, huahahahaha!!

Dan setelah makan siang, gw berniat pulang ke kamar, karena gw ngantuk bgt siang itu, maklum gara2 semalem abis mengalami kejadian bodoh.. hehe.. gapapalah.. pengalaman adalah guru terbaik, betul tidak? makanya skarang gw kapok naroh kunci2 itu di kantong celana belakang.. takutnya kayak kemaren, gara2 gantungannya longgar, jadinya copot deh..

Gw kembali berjalan ke parkiran sabuga, dan bertemu ama mas-mas parkiran yg kemaren, “Mas, yg kemaren ilang kunci yah?” “iya, kenapa mas?” “ini nih, ternyata kemaren tuh ada yg nemuin, terus ditaro di pos parkiran,, cuma kemaren yg naro ga bilang ke saya, jadi saya ga ngeh kalo itu kunci mas..”
dan pas si mas-mas ngambilin kunci itu, gw kaget ternyata bener!! ini kunci gw kmaren yg ilang!!! buset…
Ya udahlah, ga taunya setelah mendengar penjelasan si mas, gw baru tau kalo ternyata kunci itu jatoh di deket mobil gw kemaren,, dan ada orang nemuin, ditaro di pos parkiran.. rupanya copotnya udah sejak gw turun dari mobil toh.. dasar dodol..

Yo wes lah, gw pulang kembali ke kamar,, dan tidurrrr siang.. biar tar jam 3 bisa fit lg ikut anak2 maen basket di Sabuga ama anak2 EL…

SPMB??

SPMB?? Hal yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh siswa SMA yang mau masuk PTN tentunya…
Yak benar!! Hari ini jam 8.00PM adalah pngumumannya (bener ga si? -P)

Tadi gw ke SSC Tebet, (salah satu mantan rumah kedua gw waktu kelas 3 SMA selain BTA-D) jemput ade gwyang masi kelas 1 di 8 yg ambil les tiap selasa kamis di sini.. sambil menunggu ade gw yg belum keluar dari kelasnya, gw maen aja ke kantor di belakang, ktemu ma Sabda, Pak Meidy dkk yg ternyata lagi oprek-oprek koran pengumuman dan menuliskan nama siswa SSC yg keterima SPMB di papan tulis..

Buat Wilona,, selamat ya dah dapet FKGUI!! -)
Suasana di situ rame bgt.. penuh ketegangan anak2 yang menunggu hasil pengumuman juga.. jadi inget saat2 gw nunggu pengumuman spmb dulu taun lalu.. gw cerita sedikit deh,, pengen mengingat-ingat..

Hari itu (gw lupa tgL brapa) gw masih deg2an nunggu pengumuman spmb yang katanya dikabarkan tepat pukul 00.00 esoknya di Internet.. klo ga salah jam 9an,, gw dapet telpon dari ka surkam, guru BTA gw.. begini nih di telpon:
Ka Surkam (S) : Alo dip, gimana pengumuman?
Gw: yaaa.. ga gimana-gimana kak, keluar aja belum, masih deg2an setengah mati nih..
S: Kalo kamu dapet ITB gimana? kan katanya kamu ma ortu sempet ga dibolehin ke bandung?
Gw: yaaa… kalo akhirnya dapet ITB, pasti diambil lah kak,, masak udah susah payah ga diambil juga…
S: Kalo kamu dapet UI? (gw waktu itu milih elektro ITB ma UI)
Gw: Saya mah masi bingung kak,, ya liat tar deh,,
S: hooo… ya udah deh dip,, kamu ga usah nunggu2 lagi.. kamu dapet ITB!! SELAMAT YA DIP!!
Gw: HAHHH??? yang bener nih kak???? kan baru jam 12 malem nanti????? ah boong nih..
S: Yee… serius dip,, BTA kan ada kenalan di redaksi koran,, kita udah bisa ambil koran pengumumannya… SELAMAT YA!!
Gw: WAAHHH (Saking shock dan kagetnya… gw mpe bingung mo ngomong apa wktu itu.. ) MAKASIH ya kak!! MAKASiH!! Kalo saya ke BTA sekarang gimana kak???? saya pingin liat!!
S: ya udah,, kamu ke sini aja.. ini BTA juga lagi rame kok..
Gw: Oh ya udah… makasih ya kak!!!

Langsung setelah gw tutup telpon itu gw langsung sujud sukur,, ma lompat kegirangan turun ke bawah, ke kamar ortu,, meluk2 nyokap wahhh bner2 ga bisa kebayang deh perasaan itu… langsung gw ma nyokap malem itu ke tempat bimbel gw yg kedua.. BTA di Tebet.. sampe sana setelah gw liat nama gw dan tmen2 gw.. Alhamdulillah bgt tmen2 deket gw wktu itu dapet semua… si Steven, Nila, Juno,Gono,kakadede, Grace, Jo, Boa.. langsung gw telpon2in mereka (ga semua sih, habis pulsa gw)… mereka sama kagetnya ma gw..

Malem itu bener2 malem yg ga bakal gw lupain… bner2 terasa hasil smua pjuangan selama di kelas 3 SMA… (bahkan sabtu minggu gw diisi Try Out kalo ga BTA ya SSC -_-)

moga2 bisa jadi pengingat gw sndiri kalo masuk ITB itu ga gampang… dan hasil yang didapat dari perjuangan keras saat itu ga boleh gw sia-sia kan… smua harus diperjuangkan lagi di kampus ini… heuuu…

DeaL Makers

Banyak orang bilang kalo Bill Gates adalah seorang Nerd yang sukses besar berkat ke-"Nerd’-an nya itulah dia dapat membuat suatu program komputer yang sampai saat ini dipakai di seluruh dunia, tentu saja hal ini membuat perusahaan Microsoft Corp. mendapatkan royalti yang sangat besar..
namun, ternyata kesuksesan Bill Gates tak hanya dari kemampuan menciptakan program tersebut saja, namun yang membuat programnya dapat dikenal banyak orang adalah kemampuan Bill Gates untuk meyakinkan vendor komputer terbesar saat itu, yaitu IBM,,

Bill Gates berhasil meyakinkan pihak IBM untuk menggunakan sistem operasi pertamanya pada saat itu, yaitu DOS, dan usaha untuk meyakinkannya itu dia tempuh dengan jalan yang panjang, namun dia tetap konsisten dan tidak putus asa dalam meyakinkan IBM,, sampai akhirnya berhasillah DOS digunakan pada komputer IBM,,

kira-kira itulah sekilas tentang kesuksesan Bill Gates,, Sebenarnya, benarkah untuk sukses, kita hanya mengandalkan otak yang cerdas saja? pandai berteori? kerja keras? tentu saja semua itu benar, namun biasanya ada satu hal yang sering kita lupakan, yaitu kemampuan untuk mempresentasikan apa yang kita usahakan kepada masyarakat luas.

Jika Bill Gates tidak dapat meyakinkan pihak IBM, belum tentu saat ini kita dapat mengenal Microsoft, belum tentu komputer kita saat ini menggunakan Windows (maaf ya pengguna Mac),, namun Bill Gates berhasil meyakinkan IBM bahwa programnya akan sukses, (kasar2nya, "Percaya deh Lu ma gw! Gw jaminannya! Pokoknya hasil usaha gw ini akan buat kita sama2 untung!")

Jika kita berhasil menemukan sesuatu yang mungkin sangat berguna bagi banyak orang, namun percuma saja jika kita tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menggunakannya..

Sama saja jika kita mempunyai barang yang sangat menarik dan jika didagangkan akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar, namun karena kita tidak pandai mempublikasikannya tidak banyak masyarakat yang tertarik pada barang tersebut.. Percuma kan?

Contoh lain, ada seorang karyawan kantoran yang punya teman pengusaha katering. Dia membuat suatu perjanjian bagi hasil jika sang karyawan, sebut saja si A, berhasil menjual katering temannya pada teman2 di kantornya.. Si A ini dengan kegigihannya dalam menawar-nawarkan katering, dapat meyakinkan teman-teman sekantornya untuk menyerahkan urusan makan siang mereka padanya.. tentu saja hal ini membawa keuntungan bagi Si A, teman pengusaha kateringnya dan teman-teman sekantornya..

Nah menarik bukan kesuksesan yang diraih Si A sebagai salah seorang DealMaker?

Jadi seorang yang mampu membuat orang lain untuk percaya sama kita, yang mampu membuat orang lain menaruh harapan di pundak kita dan memercayakan suatu urusan kepada kita karena kita dianggap mampu (walaupun dalam menyelesaikan urusan itu kita tidak mengerjakannya sendirian), orang itulah yang disebut "Deal Maker"..

Kisah Si A di atas adalah sekedar contoh kecil, bisa kita bayangkan jika seorang deal maker itu menangani suatu urusan yang lebih besar lagi, tentunya ini akan membuatnya menjadi orang yang "terhormat" dan "dipercaya"….

Ya makanya nurut gw, napa kita gak mulai aja buat diri kita jadi seorang deal maker.. ga musti langsung hal yg besar kok, dari yang kecil2 aja dulu,, yang nurut kita kita sanggup melakukannya… Oce??? -)

(terinspirasi dari Obrolan sore di Hardrock FM Jakarta waktu gw pulang dari Mall Ambassador,, gw seneng bgt ama obrolan sore waktu itu,, so pengen aja gw tulis di sini…)

R U Active/inActive???

Manusia tiada lain diciptakan kecuali untuk menjadi seorang pemimpin

Kemarin gw merenung,, benarkah diri gw sendiri sudah merupakan pemimpin yang baik?

Apakah gw udah bisa memimpin orang lain?

Atau bahkan apakah memimpin diri sendiri saja belum becus?

Ternyata,, jujur saja gw menilai diri gw sendiri belum becus dalam memimpin diri sendiri, apalgi dalam memimpin orang, namun semua itu ada prosesnya, untuk itulah gw semangat banget untuk jadi lebih baik lagi, supaya sosok PEMIMPIN dalam diri gw semakin terasah, baik untuk diri gw sendiri maupun untuk orang lain..

Gw pikir, pertama2 kita harus menilai dulu seberapa besartkah keaktivan kita di lingkungan sekitar kita? Terutama hal ini dapat kita nilai dari interaksi sehari2 kita dengan orang2 di sekitar kita..Misalkan saja kerja sama angkatan gw di STEI ITB saat mengerjakans egala tugas angkatan saat OSPEK dan tetek bengeknya (hehe:p).. di situ kita bisa menilai, sebenarnya, kita ini cenderung lebih sering menyuruh orang, atau disuruh orang saja??

Ternyata, untuk menjadi seorang pemimpin, ternyata kita tidak harus menjadi ketua dalam segala bidang,, kita ambil contoh saja dalam kerja sama kita dengan orang lain, kita lihat nih, kita ini cenderung aktif berpendapat, memberikan masukan/ ide2 ataukah kita cenderung lebih sering menerima ide/pendapat orang lain begitu saja dan langsung mengikutinya?Kita sendiri lah yang dapat menjawabnya..

Ternyata, jika kita cenderung pasif, lebih sering mengikuti ide2 orang lain tanpa memikirkan apakah itu baik menurut kita, nurut gw orang seperti itu lah yang lebih mudah disetir orang, orang seperti ini lah yang lebih sering cenderung ‘menurut saja’.. dan yang paling bahaya nya, orang seperti ini lah yang belum mempunyai prinsip yang teguh dalam hidupnya,, dengan kata lain, belum menemukan jati dirinya.. akan jauh lebih terasa efeknya jika kita sudah terjun kemasyarakat dan bekerja.. orang ynag lebih gampang disetir orang, tentu saja tidak akan mendapatkan peningkatan karier yang baik.. bahkan bisa jadi malah tetap menjadi pesuruh2 saja (kasarnya sih begitu..)

Sebaliknya, orang yang cenderung lebih aktif untuk memaparkan segala ide, dan pendapat2nya (ingat, tidak harus sebagai ketua ataupun koordinator suatu hal, walaupun jabatan mereka yang berpotensi dan berpeluang lebih besar untuk lebih aktif berpendapat) dia lebih mudah menguasai diri dan orang di sekitarnya, kebanyakan orang seperti ini lah yang banyak diharapkan untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan.. karena dia tidak mudah dipengaruhi orang lain,, dia tidak akan mengikuti pendapat2 orang lain dengan mudahnya ,memang tidak harus menutup diri untuk mendengarkan pendapat orang, tapi intinya tidak mudah dipengaruhi,, sehingga orang2 di sekitarnya pun menilai , “wah, si A memang canggih, saya suka dengan keteguhannya dalam memegang prinsipnya” dan memang sudah banyak buktinya, bahwa di masa depan, orang seperti ini lah yang selalu memegang kendali akan segala sesuatu dari yang kecil sampai yang besar, contohnya memimpin suatu Negara! Saat dia terjun ke masyarakat pun dia akan mengalami peningkatan karier yang baik, di mana pada posisi itu dia harus memimpin orang lain dengan baik.. tentunya, orang seperti ini lah yang lebih sukses dalam hidupnya..

So, Bagaimanakah diri Anda? Apakah aktif? Atau cenderung pasif? Anda sendiri lah yang dapat menilainya karena anda yang paling paham akan keseharian anda saat berinteraksi dengan sesama..

Pokoknya, jadilah diri Anda sendiri!
Cari saja apa yang terbaik buat Anda! Jangan mudah terpengaruhi orang lain!
Jadilah seseorang yang aktif! Jadilah Seorang PEMIMPIN!!!
Memang semua hal itu tidak bisa terbentuk secara instan, ada prosesnya.. jadi jangan menyerah untuk melakukan perubahan!! jadi selamat berusaha untuk Anda semua pada umumnya yang hatinya sedikit tergugah dan ingin memperbaiki diri setelah membaca sedikit tulisan ini dan khususnya pada diri gw sndiri…